Formasi “Closing” PPSMB UGM

0
76

Formasi “Closing” PPSMB UGM | MASFENDI.ID – Setiap Mahasiswa Baru wajib melaksanakan kegiatan OSPEK sebelum melaksanakan kegiatan perkuliahan baik di universitas negeri maupun swasta. Salah satunya adalah Universitas Gadjah Mada atau yang biasa dikenal dengan sebutan UGM. Kampus yang terletak di Sleman, Yogyakarta ini merupakan kampus favorit bagi seluruh anak negeri ini. Dengan segudang prestasinya UGM menjadi salah satu motor penggerak Bangsa Indonesia. Sejumlah petinggi di negeri ini merupakan alumni Kampus UGM, seperti; Joko Widodo, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Mahfud MD dan masih banyak lagi.

OSPEK ala mahasiswa UGM dikenal dengan PPSMB (Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru). Setiap penutupan acara (Closing) PPSMB,  Seluruh Mahasiswa Baru UGM selalu mempersembahkan formasi yang sangat keren. Selama lima tahun berturut-turut, para mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada selalu diajak berbaris membentuk formasi beragam simbol dalam Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB).

Formasi PPSMB UGM

PPSMB 2017: Lambang PBB

Membentuk formasi unik sepertinya sudah menjadi tradisi PPSMB UGM dari tahun ke tahun. Pada PPSMB UGM tahun 2017 membentuk formasi Lambang Universitas Gadjah Mada.

PPSMB 2016: Lambang PBB

PPSMB tahun 2016 yang Pada PPSMB Universitas Gadjah Mada tahun 2016 lalu, ribuan pesertanya mengenakan caping berwarna biru dan putih. Kemudian, mereka berbaris rapi dan membentuk formasi lambang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations.

PPSMB 2015: Lambang ASEAN

Sebayak 9.500 mahasiswa baru peserta PPSMB UGM 2015 nampaknya tak mau kalah dengan seniornya terdahulu. Semua peserta PPSMB berkumpul di tengah lapangan untuk membentuk formasi Lambang ASEAN.

PPSMB 2014: Garuda Pancasila

PPSMB UGM 2014 cukup viral di dunia maya saat itu karena seluruh pesertanya bersatu padu membuat formasi Garuda Pancasila.

PPSMB 2013: Bendera Indonesia

Tema PPSMB Universitas Gadjah Mada untuk tahun 2013 adalah ’Pancasila Jiwa Kamu, Bakti untuk Negeri, UGM Bersatu, Bangkitlah Nusantaraku’. Formasi yang dibuat oleh mahasiswa baru UGM berupa Bendera Indonesia Raya.

PPSMB 2012: Kepulauan Indonesia

PPSMB 2012 diikuti sebanyak 12.800 mahasiswa baru akan diterima secara resmi pada upacara perimaan mahasiswa baru UGM tahun akademik 2012/2013. Dari 12.800 mahasiswa baru UGM terdiri 9.600 mahasiswa S1 dan Sekolah Vokasi dan 2.600 mahasiswa S2 dan S3. Salah satu acara di PPSMB 2012 berupa parade tarian tradisional oleh mahasiswa baru UGM.Parade ini merupakan flasmob dance yang membentuk Peta Indonesia dengan melibatkan 9500 mahasiswa baru UGM tahun 2012.